Selasa, 14 Agustus 2018

Jenis-jenis penyambungan kabel


Jenis-jenis penyambungan Kabel

Berikut adalah beberapa cara menyambung kabel listrik rumah :
1. Sambungan ekor babi (Pig Tail)
Sambungan ini merupakan salah satu jenis sambungan kabel yang sederhana. Cara menyambung kabel dengan metode ini merupakan yang paling mudah dan yang paling cepat
cara membuat sambungan ekor babi
  1. Kupas lapisan isolasi kabel yang ingin disambung hingga sekitar 2 atau 3 cm hingga hanya tampak bagian inti kabel.
  2.  Pertemukan kedua inti kabel yang akan disambung, dipertemukan secara menyilang.
  3. Lalu ujung kedua inti kabel tersebut dipuntuir memutar hingga beberapa kali hingga kedua kabel yang terpisah tersebut menyatu dan sulit terlpas setelah dipuntir. 
  4. Kemudian tutupi sambunjgan kabel menggunakan solasi atau menggunakan Lasdop.
 sambungan ini merupakan metode sambungan kabel yang paling sering dilakukan.

lasdop


2. Sambungan bell hangers

Cara penyambungan ini juga merupakan salah satu cara menyambung kabel dengan cara dipuntir. Sambungan ini juga termasuk sedikit sederhana, namun masih jarang menjadi pilihan saat digunakan dibanding dengan sambungan ekor babi. Tapi tidak jarang juga yang menggunakan metode sambungan kabel ini dalam memasang instalasi atau saat merepai instalasi listrik di rumah. Metode ini penyambungan kabel ini cenderung lebih memakan waktu sedikit dibanding penyambungan ekor babi.


Cara membuat Sambungan bell hangers
  1. Kupas lapisan isolasi kabel agak panjang.
  2.  Setelah dikupas, bagian inti dari kedua kabel yang akan disambung di bengkokkan sepanjang kira-kira 1,5 cm membentuk seperti huruf L. 
  3. Setelah kedua kabel dibuat berbentuk huruf L, maka kedua kabel tersebut saling dikaitkan secara berlawanan. 
  4. Lalu ujung kedua kabel dipuntir hingga selesai.
  5. Kemudian tutupi sambunjgan kabel menggunakan solasi. 



3. Sambungan Western Union
Sambungan ini termasuk sederhana untuk dipelajari, namun mungkin pengerjaannya dala repair ataupun pemasangan instalasi, cukup memakan waktu dalam pengerjaan, sehingga kurang diminati walaupun sederhana.
Cara Penyambungan kabel western union 
  1. Kupas lapisan isolasi hingga tampak bagian inti kabel agak panjang. 
  2.  Setelah itu kabel kita tempelkan secara menyilang dimana ujung salah satu kabel terletak sekitar 2 cm dari ujungnya (titik persilangan tidak sama panjang).
  3. Ujung kabel yang sepanjang 2 cm tadi kita puntir sendiri melingkari kabel satunya hingga selesai dan membentuk seperti huruf Y.
  4.  Lalu bagian kabel yang tersisi dari kedua yang berbentuk seperti huruf Y tersebut dipuntir bersamaan.
  5. Kemudian tutupi sambunjgan kabel menggunakan solasi. 




4. Sambungan Bolak Balik

Teknik penyambungak kabel metode sambungan bolak, teknik ini kukup sulit dan jarang digunakan dalam penyambungan kabel. 
Cara Penyambungan kabel sambungan bolak.
  1. Kupas lapisan isolasi kabel yang ingin disambung, dimana salah satu kabel dikupas kira-kira sepanjang 3 cm, dan kabel satunya lagi dikupas sepanjang 5 sampai 7 cm.  
  2. Posisikan kabel membentuk seperti huruf X dengan kedua ujung kabel dibuat sejajar sama panjang (sehingga kabel yang dikupas panjang akan lebih panjang didaerah pangkalnya yang dikupas).
  3. Setelah menyilang seperti huruf X, kedua ujungnya dipuntir bersamaan.
  4. Setelah dipuntir, maka akah tersisa bagian inti dari kabil yang panjang (bagian pangka) yang masih belum terlilit. Maka bagian pangkal yang panjang tersebut kita bengkokkan secara berlawanan sekitar 180 derajat hingga membentuk sebuah garis lurus. 
  5. Lalu bagian pangkal yang sudah dibengkokkan berlawanan tersebut dipuntir lagi pada kedua ujung kabel yang sudah dipuntir pertama tadi.
  6. Kemudian tutupi sambunjgan kabel menggunakan solasi. 

5. Sambungan Britania
Metode Cara Memasang Kabel Listrik yaitu dengan penyambungan kabel Britania, umumnya dilakukan pada kabel dengan ukuran diamter yang lebih besar, dimana biasanya kita agak sulit memuntir inti dari kabel yang akan kita sambung. 

  1. Kuppas bagian isolasi kedua kabel hingga tampak bagian intinya.
  2. Siapkan potongan kabel sekitar beberapa sentimeter yang telah dikupas hingga hanya tersisa intinya saja yang akan digunakan sebagai lilitan pengikat.
  3. Pada kedua kabel yang akan disambungkan dibuat sedikit bengkok pada kedua ujungnya.
  4. Lalu didempetkan secara berlawanan, hingga bagian bengkoknya secara berlawanan menghadap keluar. Lalu kita tempatkan inti kabel yang sebagai lilitan pengkiat tadi memuntir secara berkeliling mengelilingi kabel yang didempetkan tadi.
  5. Kemudian tutupi sambunjgan kabel menggunakan solasi.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

h

Komponen kendali motor 3 fasa (Emergency Stop)

Emergency Stop Emergency Stop adalah merupakan jenis saklar yang apabila di tekan akan terkunci dan untuk melepasnya harus di putar, ...