Senin, 03 Desember 2018

Pengertian PLC

Programmable Logic Controller (PLC)
Programmable Logic Controller atau yang sering disingkat dengan PLC bisa kita temui beberapa perusaaan yang meggunakan kontrol mesin / motor listrik otomatis . Pada mulanya alat ini digunakan untuk menggantikan sistem kontrol berbasis relay ( kontraktor / kontrol manual ) yang tidak fleksibel dan mahal.
Gambar. PLC CP1E
Namun, apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan PLC, atau sekedar perangkat pengendali saja?
Lalu apa fungsi sebenarnya dari suatu Programmable Logic Controller itu?
Nah, di dalam topik ini akan kita ulas mengenai definisi
Berdasarkan namanya, konsep Programmable Logic Controller adalah sebagai berikut:
  1. Programmable, menunjukkan kemampuan untuk menyimpan program yang telah dibuat ke dalam memory, yang dengan mudah dapat diubah-ubah fungsi atau kegunaannya.
  2. Logic, menunjukkan kemampuan dalam memproses input secara aritmatik dan logic (ALU), yakni melakukan operasi membandingkan, menjumlahkan, mengalikan, membagi, mengurangi, negasi, AND, OR, dan lain sebagainya.
  3. Controller, menunjukkan kemampuan dalam mengontrol dan mengatur proses sehingga menghasilkan output yang diinginkan.
PLC didefinisikan sebagai suatu perangkat elektronik digital dengan memori yang dapat diprogram untuk menyimpan instruksi-instruksi yang menjalankan fungsi-fungsi spesifik seperti: logika, sekuen, timingcounting, dan aritmatika untuk mengontrol suatu mesin industri atau proses industri sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

h

Komponen kendali motor 3 fasa (Emergency Stop)

Emergency Stop Emergency Stop adalah merupakan jenis saklar yang apabila di tekan akan terkunci dan untuk melepasnya harus di putar, ...