Rabu, 02 Januari 2019

Membuat Ledder Zelio soft 2

Membuat Ledder Zelio soft 2

motor start-delta 3 kontaktor otomatis maka push button yang kita butuhkan ada 2 buah ; 1 buah NO dan 1 buah NC.
pada software zelio terdapat symbol (I) pada bagian bawah , itu berarti input pada sebuah ledder yang nantinya akan digantikan oleh sebuah pushbutton .
Pertama yang kita butuhkan adalah membuat rangkaian seperti ini hanya dengan drag and drop     fungsi input dan output yang telah disediakan di bagian bawah.  dengan fungsi I2(NC) sebagai       tombol off pada rangkaian , I1 (NO) sebagai tombol ON pada rangkaian, selanjutnya ada Q1 sebagai coil atau output yang nantinya akan di hubungkan ke kontaktor 1. Dan pada tombol I1 dipasang NO dari Q1 sebagai pengunci agar arus tetap mengalir ke Q1.

Selanjutnya kita harus membuat ledder untuk mengatur sebuah Q2 coil2 . maka harus dibuatkan rangkaian seperti ini maksud dari dipasanganya Q1 (NO) di rung 3 adalah untuk memberikan kontak dari Q1 yang telah dipasang sehingga apabila Q1(coil) telah ON maka otomatis Q1 (NO) akan berubah menjadi NC sehingga Q2 dialiri arus dan T1 pun akan ON . dan dipasang NC Q3 agar nantinya saat Q3 nyala Q2 akan otomatis dalam kondisi OFF.

Setelah T1 akan on, T1 adalah fungsi sebuah timer/ waktu cara untuk mengatur timer cukupdengan Klik pada T1 maka akan muncul gambar pengaturan timer dan pada bagian bawah  ada kolom untuk memberikan settingan berapa waktu yg dibutuhkan dalam program ini menggunakan waktu 5 detik.
Setelah mengatur timer kita membutuhkan Q3 untuk posisi start. Maka kita harus membuatkan   program leddernya lagi , selanjutnya pada rung 5 kita harus membuat kontak NO dari T1 , ini         berfungsi untuk memberikan kontak pada Q3 sehingga, ON /OFF nya Q3 tergantung pada T1. Dan   setelah itu dipasang pengunci . dan dipasang NC I2 untuk mematikan semua program saat ditekan I2.
Setelah program selesai maka kita harus mencobanya terlebih dulu sebelum di download dengan cara klik tombol (S) pada bagian atas, dan klik tombol run maka software akan berubah menjadi mode simulation.
Jika benar hasilnya akan seperti ini. 
Dan setelah 5 detik akan berubah seperti ini.  Ini perubahan dari coil 2 yang mati dan coil 3 akan nyala. 
Selanjutnya adalah tinggal upload ke dalam PLC nya .
Setelah di upload maka tinggal di aplikasikan secara langsung kedalam motor dan kontaktor. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

h

Komponen kendali motor 3 fasa (Emergency Stop)

Emergency Stop Emergency Stop adalah merupakan jenis saklar yang apabila di tekan akan terkunci dan untuk melepasnya harus di putar, ...